Tuesday, January 25, 2011

Bersyukur dalam Kesabaran


“Iman terbagi menjadi dua, sebagian dalam sabar dan sebagian lainnya dalam syukur.”
(HR. Al-Baihaqi)

Kesabaran memiliki porsi yang sama dengan bersyukur, kata seorang sahabat. Ada tipe manusia yang didekati Allah dengan cara diberikan banyak nikmat agar dia banyak bersyukur, dan ada tipe manusia yang banyak didera persoalan yang membuat dia harus banyak bersabar.

Kedua kata tersebut, walaupun berbeda jauh rasanya, adalah ujian dari Allah Swt. Allah Yang Maha Tahu, Dia Yang memutuskan dengan porsi apakah seorang manusia harus didekati dan menjadi insan yang teruji dalam iman.

Manusia cenderung mengeluh dan terus tenggelam dalam kesedihan saat dilanda masalah. Tapi kalau saja kita tersadar, dibalik itu semua Allah menyediakan pahala yang besar bagi orang-orang yang bersabar.

Ada kalimat indah yang aku baca pada note di facebook salah seorang ustadz:
"Setiap duri yang menusuk orang beriman, sakitnya akan menghapuskan dosa-dosanya”.
Katanya pada sang ayah yang sedang menggigil menahan sakit. Mendengar itu, beliau pun mengangguk dan menjadi lebih tenang.

Iya, indahnya menjadi muslim. Dalam sabarku.. aku bahkan bisa mengharapkan penghapusan dosa. Kalau aku bisa berlatih menjadi orang yang bersyukur dan mengambil hikmah dalam kesabaran, aku berharap bisa memiliki jutaan rasa syukur saat Allah melimpahiku dengan berbagai kenikmatan.

Allah Yang Maha Mensyukuri, ajari aku untuk mencintai-Mu dalam segala kondisi
Bimbinglah aku dari kegelapan menuju cahaya, karena Kau satu-satunya yang tidak akan pernah membuat aku tersesat

No comments:

Post a Comment