Sunday, January 30, 2011

Gairah Baru


Punya berat badan 48 kg dgn tinggi 162 cm? Yes, I'm feeling so skinny. Biarpun rasanya nyaman di hampir semua jenis baju, tapi akhir-akhir ini aku merasa harus lebih berisi lagi, kebalikan dari banyak wanita yang berjuang diet untuk menurunkan berat badan. Gak perlu terlalu banyak, cukup 2 kg, aku mau terlihat lebih segar.


Cuma sayangnya keinginanku untuk meningkatkan porsi makan ga didukung dengan kondisi di rumah. Mama beberapa hari ini sedang malas masak. Puncaknya malam ini, seharian aku beraktivitas di luar rumah dan belum sempat "makan besar". Berharap sampai rumah akan tersedia banyak makanan berhubung ini adalah hari minggu. Sayangnya perkiraanku salah, begitu aku sampai rumah mama juga baru pulang dari bepergian dan dia tidak menyediakan makan malam karena terlalu lelah.

Putar otak.. Putar otak.. Putar otak.. Akhirnya aku putuskan masak untuk dimakan sendiri. Ga peduli bagaimana rasanya, yang penting aku bisa makan. Sayangnya lagi di kulkas juga cuma tersedia sosis ayam, dan di meja makan ada kerupuk. Fiuh.. Aku gak terlalu suka sosis ayam. Tapi ya sudahlah, dengan adanya dua lauk tersebut aku putuskan membuat nasi goreng sosis ayam. Aku sudah lama sekali absen memasak, pasrah.. mungkin nanti akan ada error taste.

Mulai meramaikan dapur... karena nasi yang tersisa di rice cooker hanya setengah porsi, jadi bumbu-bumbunya pun aku kurangi sekenanya. Dua butir bawang merah, 1 cabe rawit merah, 2 cabe merah, 1/2 potong terasi, dan sedikit taburan garam, semua aku ulek kasar. Satu sosis ayam kuiris tipis agar nanti terlihat banyak.  Biasanya aku sangat patuh pada resep, karena terlalu patuh makanya aku tergantung pada buku resep. Well.. Tapi yang ini asli asal campur, cuma ikuti perasaan.

Sosis ayam sengaja kugoreng lebih dulu biar nanti jadi sangat matang dan menyamarkan rasa yang kurang aku sukai. Dan begitu matang minyaknya aku kurangi sampai tersisa 1/2 takaran porsi minyak yang  biasa untuk menumis, biar nasi gorengnya kering dan ga terlihat terlalu "basah". Bumbu dasar lalu ditumis bersama dengan sosis goreng, agar bumbunya juga meresap ke dalam sosis. Lalu didiamkan sampai harum (#cenderung bau agak gosong sih, biar bawangnya juga matang. Forgot to say.. I also hate onion). Setelah itu nasi aku campurkan dan di detik terakhir kutambahkan sedikit kecap manis.

Dan.. Jadilah si nasi goreng sosis ayam ala chef metha. Disajikan bersama kerupuk, jadi terlihat lebih "bergizi". Resep asal dari koki asal, tapi rasanya... Alhamdulillah, ternyata gak asal. Thanks Allah, it's tasted good! Really good malah, karena sejak awal aku memang gak berekspektasi lebih.

Mudah-mudahan ini menjadi awal kebangkitan gairah memasak. Amin ;)

Finally I cooked

No comments:

Post a Comment